Software minimarket adalah software yang bisa membantu pelaku retail baik pada aspek manajemen toko maupun berbagai macama analisa yang berguna nanti untuk peningkatan omset atau pengembangan toko. Software terbaik untuk minimarket saat ini menurut saya adalah software yang berbasis online, karena data kita ditempatkan dicloud sehingga kemananan data terjamin. untuk lebih mendalami tentang software, silahkan baca tulisan ini yang saya sadur dari Buku saya. semoga bermanfaat.
Manajemen Software
Manajemen software di minimarket memegang peran yang sangat
penting. 50 persen keberhasilan suatu minimarket bisa ditentukan dari bagaimana
kita mengelola software yang kita pakai. Karena dengan optimasi software, maka
kita bisa melakukan banyak hal mulai dari Analisa data konsumen, data produk,
data efektifitas promosi dan lain sebagainya.
Hari ini
banyak sekali pilihan software POS yang beeredar di Indonesia. Semua bagus dan
pastinya menarik. Namun, perlu bagi anda untuk memilih yang cocok dengan
minimarket anda dan kepentingan anda dan bagus pelayananannya.
SOfware POS
ada yang offline dan ada yang Online. Kedua memiliki kelebihan dan kekurangan.
Namun jika melihat masa depan, sebaiknya mulai memilih software yang on line.
Berikut saya paparkan kelebihan dan kekurangan software offline dan on line :
Kelebihan
software Offline
-
Karena
software ini yang paling tua usianya dan memang memiliki pengalaman yang
banyak, maka fiturnya lebih lengkap.
-
Selain
fitur lebih lengkap, biasanya sudah familiar dengan konsumen, karena sudah
banyak yang menggunakan.
-
Pembayaran
investasi cukup di awal saja , kecuali ada biaya maintenance bulanan.
Kelemahan Software Offline
-
Sering
terjadi error tanpa tahu masalahnya apa.
-
Apabila
lampu mati akan mempengaruhi data base
-
Jika
lupa backup data, maka data bisa hilang dan berubah
-
Jika
hardware bermasalah, maka software ikut bermasalah
-
Jika
lampu mati, maka tidka bisa digunakan lagi
-
Jika
terjadi masalah, maka developer software harus dating ke lokasi dan biassanya
anda akan mengeluarkan biaya atau dikenakan charge.
-
Pengawasan
tidka bisa real time atau perdetik anda tidak bisa melihat data dari jarak
jauh. Karena software ada di desktop.sehingga anda tentu tidka bisa
meninggalkan toko dalam waktu yang agak lama.
-
Biasanya
ada biaya maintenance bulanan, sehingga menambah biaya bagi anda.
Kelebihan software On line
-
Sangat
sedikit gangguan atau error
-
Apabila
lampu mati masih bisa digunakan karena bisa dialihkan pakai laptop atau HP
-
Jika
hardware rusak, maka bisa sekejak ganti pakai hardware lain atau tablet atau HP
-
Jika
terjadi gangguan maka langsung bisa diperbaiki dari pusat developer Software
tanpa harus datang ke lokasi dan tidak ada biaya tambahan atau tidak dikenakan
charge. Karena jika error satu maka semua software yang dipakai klien error
semua. Karena softwarenya berbasis web jadi terpusat.
-
Apabila
internet error, jaringan speedy atau apapun yang menggunakan ISP, anda bisa
langsung switch menggunakan tetring HP.
-
Bisa
melihat data secara real time walau anda tidak berada di lokasi toko, bahkan
perdetik bisa lihat data, sehingga anda bis ameninggalkan toko sekedar liburan
atau ada acara tertentu.
-
Pengawasan
lebih ketat dan anda bisa melakukan evaluasi sewaktu-waktu.
-
Tidak
ada biaya maintenance bulanan. Sangat hemat.
Kelemahan Software Online
-
Biasanya
fitur kurang familiar bagi pelaku usaha ritel yang Sudah terbiasa dengan
offline
-
Tidak
semua software online memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding software
offline. Walau ada tapi belum banyak.
-
Bayar bulanan karena ini berbasis internet.
b.
Fitur
standar software yang dibutuhkan
Software POS
minimarket rata-rata sudah memiliki fitur standar yang sudah meng-cover
beberapa kebutuhan minimarket. Berikut fitur standar yang selama ini sudah ada
, antara lain :
-
Input
data awal
-
User
(pengguna)
-
Member
-
Pelanggan
-
Barang
cash
-
Barang
kredit
-
Barang
Konsinyasi
-
Barang
Pajak
-
Barang
non Pajak
-
Kadaluarsa
-
Kode
barang
2.
Pembelian
-
Daftar
pembelian
-
Laporan
pembelian
3.
Penjualan
-
Transaksi
Penjualan
-
Laporan
Penjualan
-
Retur
penjualan
4.
Laporan
-laporan
-
Laporan
stok
-
Laporan
laba rugi
-
Laporan
penjualan periodik
-
Laporan
penjualan per kategori
-
Laporan
penjualan per kategori
-
Laporan
penjualan harian
-
Laporan
kasir
c.
Software
sebagai Data Analisa pendongkrak Omset
Software POS
mestinya digunakan untuk selain melakukan transaksi input data, stok, penjualan
dan laporan laba rugi, mestinya juga digunakan sebagai bahan Analisa. Analisa
secara komprehensif harus dilakukan , jika anda ingin optimasi software sebagai
basis data untuk meningkatkan penjualan di minimarket anda, apa saja basis
analisis yang harus anda lakukan? Berikut Kami berikan gambaran singkatnya :
1.
Analisa
data barang fast moving (putaran cepat), slow moving (putaran lambat) dan dead
moving (tidak berputar).
Analisa ini
penting untuk dilakukan, dengan melihat data penjualan produk anda setiap hari,
mingguan atau bulanan. Jika anda memiliki data ini, maka anda bisa menentukan
dengan tepat dan cermat tentang skema pembelian barang minimarket anda. Jangan
sampai membeli produk yang lambat dalam jumlah yang banyak, dan jangan sampai
juga membeli produk yang putaran cepat dalam jumlah sedikit, apalagi membeli
produk yang tidak berputar.
2.
Analisa
konsumen
Analisa
konsumen yang dimaksud di sini ada berbagai macam, antara lain, darimana
sajakah konsumen yang berbelanja ditempat anda, jam atau waktu yang efektif
terjadi transaksi penjualan apakah pagi hari, siang atau malam hari. Selain itu
frekwensi belanjanya berapa kali dan volume belanja mereka berapa tinggi.
3.
Analisa
supplier
Analisa
supplier adalah berkaitan dengan harga barang yang diberikan dan anda bisa
membandingkan dengan supplier lain, selain itu, juga penting untuk memiliki
data supkier yang valid, sehingga jika terjadi sesuatu dengan barang anda, maka
bisa dengan cepat untuk dicarikan solusinya.
Banyak model
supplier yang dating , misal supplier utama atau distributor utama, grosiran
nasional atau grosiran lokal atau bisa juga kanvas. Anda bisa menekan harga
jika anda memiliki data harga masing-masing supplier sehingga anda tidak
tertipu atau membeli produk dengan harga tinggi.
4.
Analisa
program promosi
Analisa
program ini penting sekali, Anda harus mengukur sampai dimana efektifitas
promosi yang dilakukan, berapa kontirbusi promo yang sudah dilakukan, dan
sampai mana bisa menancapkan merek (brand) toko anda sendiri terhadap
masyarakat sekitar atau konsumen anda.
Dari program
promosi ini anda diharapkan memiliki data yang cukup kuat, oleh sebab itu,
setiap promo yang dilakukan sebaiknya arahkan konsumen untuk menjadi member
minimarket anda, sehingga akan memudahkan untuk membuat langkah-langkah program
yang sesuai dengan kepuasan mereka.
dari narasi tulisan di atas anda bisa melihat dan menimbang-nimbang, namun jika masih ada keraguan bisa konsultasi dengan Ritelteam Indonesia yang bergerak dibidang konsultan minimarket dan juga sekaligus menyediak Rak Minimarket lokal moderen terbaik dan kualitas terbaik.
No comments:
Post a Comment