head-content'/> Cerita Minimarket: Software Minimarket

Blog Keren, Bacalah!!!

Saturday, July 10, 2021

Software Minimarket

Software minimarket adalah software yang bisa membantu pelaku retail baik pada aspek manajemen toko maupun berbagai macama analisa yang berguna nanti untuk peningkatan omset atau pengembangan toko. Software terbaik untuk minimarket saat ini menurut saya adalah software yang berbasis online, karena data kita ditempatkan dicloud sehingga kemananan data terjamin. untuk lebih mendalami tentang software, silahkan baca tulisan ini yang saya sadur dari Buku saya. semoga bermanfaat.

Manajemen Software

Manajemen software di minimarket memegang peran yang sangat penting. 50 persen keberhasilan suatu minimarket bisa ditentukan dari bagaimana kita mengelola software yang kita pakai. Karena dengan optimasi software, maka kita bisa melakukan banyak hal mulai dari Analisa data konsumen, data produk, data efektifitas promosi dan lain sebagainya.

 a.       Memilih software yang cocok dan bagus

Hari ini banyak sekali pilihan software POS yang beeredar di Indonesia. Semua bagus dan pastinya menarik. Namun, perlu bagi anda untuk memilih yang cocok dengan minimarket anda dan kepentingan anda dan bagus pelayananannya.

SOfware POS ada yang offline dan ada yang Online. Kedua memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun jika melihat masa depan, sebaiknya mulai memilih software yang on line. Berikut saya paparkan kelebihan dan kekurangan software offline dan on line :

 

Kelebihan software Offline

 

-            Karena software ini yang paling tua usianya dan memang memiliki pengalaman yang banyak, maka fiturnya lebih lengkap.

-            Selain fitur lebih lengkap, biasanya sudah familiar dengan konsumen, karena sudah banyak yang menggunakan.

-            Pembayaran investasi cukup di awal saja , kecuali ada biaya maintenance bulanan.

Kelemahan Software Offline

-                 Sering terjadi error tanpa tahu masalahnya apa.

-                 Sering terjadi bug/virus.

-                 Apabila lampu mati akan mempengaruhi data base

-                 Jika lupa backup data, maka data bisa hilang dan berubah

-                 Jika hardware bermasalah, maka software ikut bermasalah

-                 Jika lampu mati, maka tidka bisa digunakan lagi

-                 Jika terjadi masalah, maka developer software harus dating ke lokasi dan biassanya anda akan mengeluarkan biaya atau dikenakan charge.

-                 Pengawasan tidka bisa real time atau perdetik anda tidak bisa melihat data dari jarak jauh. Karena software ada di desktop.sehingga anda tentu tidka bisa meninggalkan toko dalam waktu yang agak lama.

-                 Biasanya ada biaya maintenance bulanan, sehingga menambah biaya bagi anda.

 

Kelebihan software On line

-                 Sangat sedikit gangguan atau error

-                 Apabila lampu mati masih bisa digunakan karena bisa dialihkan pakai laptop atau HP

-                 Jika hardware rusak, maka bisa sekejak ganti pakai hardware lain atau tablet atau HP

-                 Jika terjadi gangguan maka langsung bisa diperbaiki dari pusat developer Software tanpa harus datang ke lokasi dan tidak ada biaya tambahan atau tidak dikenakan charge. Karena jika error satu maka semua software yang dipakai klien error semua. Karena softwarenya berbasis web jadi terpusat.

-                 Apabila internet error, jaringan speedy atau apapun yang menggunakan ISP, anda bisa langsung switch menggunakan tetring HP.

-                 Bisa melihat data secara real time walau anda tidak berada di lokasi toko, bahkan perdetik bisa lihat data, sehingga anda bis ameninggalkan toko sekedar liburan atau ada acara tertentu.

-                 Pengawasan lebih ketat dan anda bisa melakukan evaluasi sewaktu-waktu.

-                 Tidak ada biaya maintenance bulanan. Sangat hemat.

Kelemahan Software Online

-                 Biasanya fitur kurang familiar bagi pelaku usaha ritel yang Sudah terbiasa dengan offline

-                 Tidak semua software online memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding software offline. Walau ada tapi belum banyak.

-               Bayar bulanan karena ini berbasis internet.

 

b.      Fitur standar software yang dibutuhkan

Software POS minimarket rata-rata sudah memiliki fitur standar yang sudah meng-cover beberapa kebutuhan minimarket. Berikut fitur standar yang selama ini sudah ada , antara lain :

 1.    Master barang

-       Input data awal

-       User (pengguna)

-       Member

-       Pelanggan

-       Barang cash

-       Barang kredit

-       Barang Konsinyasi

-       Barang Pajak

-       Barang non Pajak

-       Kadaluarsa

-       Kode barang

2.    Pembelian

-       Daftar pembelian

-       Laporan pembelian

3.    Penjualan

-       Transaksi Penjualan

-       Laporan Penjualan

-       Retur penjualan

 

4.    Laporan -laporan

-       Laporan stok

-       Laporan laba rugi

-       Laporan penjualan periodik

-       Laporan penjualan per kategori

-       Laporan penjualan per kategori

-       Laporan penjualan harian

-       Laporan kasir

 

c.       Software sebagai Data Analisa pendongkrak Omset

 

Software POS mestinya digunakan untuk selain melakukan transaksi input data, stok, penjualan dan laporan laba rugi, mestinya juga digunakan sebagai bahan Analisa. Analisa secara komprehensif harus dilakukan , jika anda ingin optimasi software sebagai basis data untuk meningkatkan penjualan di minimarket anda, apa saja basis analisis yang harus anda lakukan? Berikut Kami berikan gambaran singkatnya :

1.    Analisa data barang fast moving (putaran cepat), slow moving (putaran lambat) dan dead moving (tidak berputar).

Analisa ini penting untuk dilakukan, dengan melihat data penjualan produk anda setiap hari, mingguan atau bulanan. Jika anda memiliki data ini, maka anda bisa menentukan dengan tepat dan cermat tentang skema pembelian barang minimarket anda. Jangan sampai membeli produk yang lambat dalam jumlah yang banyak, dan jangan sampai juga membeli produk yang putaran cepat dalam jumlah sedikit, apalagi membeli produk yang tidak berputar.

 

2.    Analisa konsumen

Analisa konsumen yang dimaksud di sini ada berbagai macam, antara lain, darimana sajakah konsumen yang berbelanja ditempat anda, jam atau waktu yang efektif terjadi transaksi penjualan apakah pagi hari, siang atau malam hari. Selain itu frekwensi belanjanya berapa kali dan volume belanja mereka berapa tinggi.

 

3.    Analisa supplier

Analisa supplier adalah berkaitan dengan harga barang yang diberikan dan anda bisa membandingkan dengan supplier lain, selain itu, juga penting untuk memiliki data supkier yang valid, sehingga jika terjadi sesuatu dengan barang anda, maka bisa dengan cepat untuk dicarikan solusinya.

Banyak model supplier yang dating , misal supplier utama atau distributor utama, grosiran nasional atau grosiran lokal atau bisa juga kanvas. Anda bisa menekan harga jika anda memiliki data harga masing-masing supplier sehingga anda tidak tertipu atau membeli produk dengan harga tinggi.

4.    Analisa program promosi

Analisa program ini penting sekali, Anda harus mengukur sampai dimana efektifitas promosi yang dilakukan, berapa kontirbusi promo yang sudah dilakukan, dan sampai mana bisa menancapkan merek (brand) toko anda sendiri terhadap masyarakat sekitar atau konsumen anda.

Dari program promosi ini anda diharapkan memiliki data yang cukup kuat, oleh sebab itu, setiap promo yang dilakukan sebaiknya arahkan konsumen untuk menjadi member minimarket anda, sehingga akan memudahkan untuk membuat langkah-langkah program yang sesuai dengan kepuasan mereka.


dari narasi tulisan di atas anda bisa melihat dan menimbang-nimbang, namun jika masih ada keraguan bisa konsultasi dengan Ritelteam Indonesia yang bergerak dibidang konsultan minimarket dan juga sekaligus menyediak Rak Minimarket lokal moderen terbaik dan kualitas terbaik.

https://www.konsultanminimarket.com/konsultan-toko-oleh-oleh.html



No comments:

Post a Comment