head-content'/> Cerita Minimarket: Cara Mendirikan Minimarket

Blog Keren, Bacalah!!!

Thursday, July 8, 2021

Cara Mendirikan Minimarket

 Tulisan ini masih lanjut dari pembasahan dari Buku Mudahnya mendirikan Minimarket yang akan launching bulan Agustus. cara mendirikan minimarket baru adalah salah satu upaya bagi Anda yang ingin investasi untung besar nantinya, karena selain memberikan keuntungan yang baik juga bisnis ini telah terbukti mampu bertahan di era pandemi. So, tidak salah jika anda melirik investasi dibidang ini.

kali ini kita akan bahas tentang Manajemen SDM Minimarket.

E. Manajemen SDM TOKO

Manajemen SDM adalah salah satu yang utama dalam setiap organisasi baik nirlaba maupun yang berfokus mencari laba atau keuntungan. Jika anda mampu mengelola manusia yanga da yang menjadi tim anda, maka dipastikan 50 persen kesuksesan sudah ditangan anda. Manusia ini mahkluk yang paling unik karena memang dibekali oleh akal dan pikiran yang berbeda-beda. Menyatukan visi dan misi dalam usaha sangatlah penting.

Bagi saya sebagai penulis yang juga memiliki perusahaan , manajemen SDM yang paling efektif dan paling hebat adalah menerapkan manajemen SDM partisipatif dengan nilai egaliter dan penuh keadilan. Karena dengan konsep ini, dipastikan manusia yang anda kelola akan menjadi tim hebat dan handal. Dengan konsep manajemen tersebut juga, akan lahir ide dan gagasan yang bisa membuat usaha anda bertahan dan bahkan melejit.

Oleh sebab itu, wajib kiranya setiap proses dalam mencari SDM yang ada di Minimarket anda melalui tahapan sebagai berikut

a.       Rekruitmen Karyawan

Proses rekruitmen ini sangat penting dengan membuka secara umum sehingga anda memiliki banyak alternative yang bisa anda ajak kerjasama, mulai dengan tes tertulis, potensi dan wawancara. Dari ketiga tes ini semua saling kait mengkait, karena biasanya manusia itu apa yang dipikirkan dalam bathinnya juga terpancar seara lahir.

Dalam proses wawancara, saya lebih senang menitik tekankan pada aspek karakter manusianya, misalnya juruskan pertanyaaan anda kepad ahal-hal yang berkaitan dengan karakternya, misalkan :


1. Bagaiman hubungannya dengan orang tuanya. Bagimana dia memandang tentang orang tua. Bagaimana persepsinya tentang orang tua. Jika seorang anak, menghormati orang tuanya, maka otomatis, dia juga akan bisa menghargai orang lain, apalagi kita sebagai pimpinan perusahaan juga adalah sebagai orang tua mereka dalam organisasi usaha.

 

2. Bagaimana pandangannya tentang aspek sosial. Hubungan sosial antara manusia, bagaimana pandangannya tentang konsep slaing tolong menolong, empati dan kepedulian. Hari ini sangat susah mencari generasi milenial yang memiliki 3 pandangan terhadap 3 hal tersebuut yang kuat aspek sosial, kepedulian pada orang lain dan lingkungan apalagi empati.

 

b.      Training Maryawan

 

Langkah selanjutnya adalah Training karyawan Training karyawan ini sangat penting untuk dilakukan. Materi training karyawan adalah sebagai berikut :

 

Training Pengantar dasar untuk semua Karyawan dan Owner

 

1.    PengetahuanDasarKaryawanMinimarket

a.     PengenalanBisnisRitel

b.     AntaraKebutuhandanKepentinganPerusahaan

c.      MengenalTujuanPerusahaan

d.     TeknikDasarMerchandising

e.     PengenalanOperasionalToko

2.    CustomerServices

a.     MemahamiKebiasaanKonsumen

b.     PeduliKonsumen

c.      RetailSalesmanship

3.    StoreMerchandiseManagement

a.     Dasar-dasarMerchandising

b.     StoreMerchandisingProcess

c.        Klasifikasi dan Identifikasi Barang Dagangan (ProductKnowledge)

d.       PengendalianPersediaan

4.    ManagingStoreOperation

a.        EfektifitasdanKepuasanHasilKerja

b.        RuangLingkupTugas&TJseorangStoreManager

c.        Pengetahuandan KemampuanDasarseorangStoreManager

d.       EkspektasiKinerjaseorangStoreManager

5.    StoreFinancial&Marketing

a.        RetailPricingConcept&PriceStructure

b.        InventoryValuation(stock-opname)

c.        SalesFollow-up,MarginBulletin&P/LReporting

d.       VisualMerchandising

e.        ManagingStorePromotion

Selain Training dasar umum, juga akan diadakan training khusus kepada karyawan berbasis struktur dan fungsinya.

 

1.      Training Kepala Toko

Training kepala toko yang akan disampaikana alah berkaitan engan Fungsi, tugas , wewenang, Sop dan tanggung jawab sebagai kepala toko. Materi yang paling uatama adalah tentang kepemimpinan dan Visi Pengembangan Toko

2.      Training Administrasi keuangan

Training administrasi keuangan mencakup tentang bagaimana membuat laporan keuangan yang baik dan benar, bagaimana alur keuangan dan juga tentang juga tentang SOP manajemen keuangan toko.

 

3.      Training merchandising

Training Merchandising adalah training yang paling krusial juga dalam konteks usaha minimarket. Karena ini berkaitan dengan keliahaian dalam memilih barang, mengelola barang , dan mengelola pembelian barang serta membuat strategi penjualan yang bisa diukur dan direncakan dengan baik.

Biasanya untuk minimarket lokal, training ini juga sekalian disatukan dengan Teknik pergudangan toko.

 

4.      Training Kasir

Training ini lebih menitikberatkan kepada kekmampuan kasir dalalm mengoperasikan software kasir dan juga yang paling utama alagi adalah sebagai garda depan dalam meningkatkan implus buying produk dan juga meningkatkan basket size belanja konsumen.

 

5.      Training Pramuniaga

Pramuniaga juga adalah garda depan minimarket, karena layanan mereka ini bisa membuat konsumen senang belanja atau juga malah sebaliknya tidak jadi belanja. Training ini selain menitik beratkan pada aspek layanan juga berkaitan dengan Pengawasan barang, penataan barang, stok barang, kerapian barang, dan informan ketersediaan barang kepada tim merchandising.

 

c.       Gaji dan Penghargaan buat karyawan

 

Gaji dan Penghargaan buat karyawan dalam siistem minimarket modern , tentu juga memiliki ketentuan yang harus baku dan bertujuan untuk memberikan kesejahteraan karyawan dan kernyamana perusahaan. Biasanya gaji ini selain berpatokan pada UMR atau UMP, juga berkaitan dengan budaya sekitar toko. Hari ini, memang belum banyak minimarket lokal yang mampu memberikan gaji karyawa sesuai UMP, karena banyak hal yang menjadi factor pertimbangan antara lain :

1.      Target omset

2.      Budaya lokal

3.      Brand Minimarket belum kuat

4.      Dari faktor Owner sendiri

Jadi persoalan gaji ini, masih belum bisa dijadikan seragam ketentuannya antara satu minimarket dengan minimarket lainnya.

d.      Penjelasan Kerja Karyawan (Job Description)


 

 

 

 

KEPALA TOKO

 

1.      Tujuan

Memberikan panduan kepada Kepala toko dalam menjalankan operasional toko untuk mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan secara efektif dan efisien.

           

2.      Atasan Langsung

            Kepala toko bertanggungjawab kepada Manager

 

3.      Tanggung Jawab

1)      Bertanggung jawab kepada Manajer

2)      Bertanggung jawab atas kelangsungan jalannya operasi toko yang dipimpinnya

3)      Bertanggung jawab memimpin seluruh kegiatan operasi toko

4)      Bertanggung jawab atas peningkatan penjualan dan pencapaian target penjualan serta laba/contribution margin

5)      Bertanggung jawab atas aktifitas keuangan toko dan penyetoran ke pusat.


 

4.      Tugas

1)        Mengkoordinir seluruh karyawan di toko yang dipimpin

2)        Mengawasi kegiatan kerja bawahan secara intensif dalam menjalankan tugasnya sesuai kebijakan, sistem dan prosedur yang berlaku.

3)        Secara rutin mengontrol kebersihan, kerapian, kenyamanan, keamanan dan kelengkapan barang di toko yang dipimpinnya

4)        Membina hubungan kerja yang harmonis dengan, pemasok, dinas-dinas pemerintah, dan lingkungan perusahaan .

5)        Memperhatikan customer service yang sebaik-baiknya di toko yang dipimpinnya


 

5.      Wewenang

1)      Menandatangani semua laporan kepada Manager  (laporan kinerja perusahaan, laporan keuangan dan laporan lain yang diperlukan)

2)      Menandatangani pengajuan pengeluaran biaya operasional perusahaan

3)      Memberi teguran kepada karyawan yang melanggar peraturan perusahaan, bekerja tidak sesuai dengan sistem dan prosedur atau JOB DES

4)      Mengajukan promosi jabatan, mutasi, dan pemutusan hubungan kerja karyawan kepada Manager.

5)      Menandatangan surat-surat kerjasama dengan pihak luar

 

 

 

STAFF ADMINISTRASI

 

1.      Tujuan

Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya staff administrasi dalam menjalankan tugas  yang sesuai dengan standar perusahaan.

 

2.      Atasan Langsung

Staff administrasi bertanggungjawab  kepada kepala toko

 

3.      Tanggung Jawab

1)      Bertanggung jawab kepada kepala toko

2)      Bertanggung jawab atas kegiatan administrasi toko

3)      Bertanggung jawab atas keabsahan bukti-bukti keuangan


 

 

4.      Tugas

1)      Menyiapkan uang modal kasir

2)      Menerima bukti setoran hasil penjualan yang dilakukan oleh kasir toko

3)      Melakukan pengecekan atas  jumlah uang tunai dengan bukti setoran dari kasir toko dan menyerahkan hasilnya kepada bagian keuangan

4)      Membuat laporan rekapan kasir

5)      Merekap bukti pembelian kredit anggota


 

 

5.      Wewenang

Menandatangani bukti setoran kasir

 

 

STAFF MERCHANDISING (MD)

 

1.      Tujuan

Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya staff merchandising dalam menjalankan tugas  yang sesuai dengan standar perusahaan.

 

2.    Atasan Langsung

                        Staff merchandising bertanggungjawab Kepada kepala Toko

 

3.    Tanggung Jawab

1)   Bertanggung jawab terhadap Kepala Toko

2)   Bertanggung jawab terhadap pemesanan dan peng-inputan/entri barang dari supplier

3)   Bertanggung jawab atas kualitas, kuantitas dan kontiunitas penyediaan barang dagangan


 

4.      Tugas

1)      Mencari, menganalisa, memilih, menenentukan kualitas, jumlah pesanan dan kelangsungan barang yang akan dijual.

2)      Menyusun rencana pembelian

3)      Menentukan harga jual (gross margin)

 

5.      Wewenang

1)      Menentukan harga jual sesuai dengan standar margin yang telah disepakati

2)      Meminta persetujuan / ACC barang retur kepada sales/suplier

3)      Memberikan persetujuan untuk pengembalian barang retur yang telah di ACC suplier untuk di proses oleh bagian gudang/pengiriman suplier

4)      Menandatangani bukti-bukti adminitrasi  antara lain :

- Surat Pesanan Barang

- Faktur pembelian barang dari pemasok / penjualan grosir

- Nota mutasi barang antar toko

- Nota retur barang kepada pemasok

- Surat pemusnahan barang setelah mendapatkan persetujuan dari Kepala toko

 

 

 

 

STAFF GUDANG

 

1.     Tujuan

Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya staff gudang dalam menjalankan tugas  yang sesuai dengan standar perusahaan.

 

2.    Atasan Langsung

Staff Gudang bertanggungjawab kepada Kepala toko

 

3.    Tanggung Jawab

1)        Bertanggung jawab terhadap Kepala Toko

2)        Bertanggung jawab terhadap kegiatan penerimaan, pendistribusian, penyimpanan dan pengeluaran barang di gudang sesuai dengan prosedur dan standard yang telah ditetapkan

3)        Bertanggung jawab atas persediaan barang di gudang

4)        Bertanggung jawab terhadap keamanan dan kebersihan gudang

 

4.    Tugas

1)      Melakukan administrasi peneriman barang datang dari pemasok

2)      Memasukkan barang yang sudah diterima dari ruang receiving ke ruang transit/gudang

3)      Mengatur dan memproses barang-barang BS/CN (retur)

4)      Menyimpan barang sesuai dengan kelompoknya

5)      Merapikan dan mensortir kardus/karton bekas


 

5.    Wewenang

1)      Melakukan penataaan barang di gudang

2)      Menentukan barang yang masih bagus, kurang bagus dan harus diretur

3)      Mengelola semua yang berhubungan dengan pergudangan.

4)      Menentukan barang masuk dan keluar masuk gudang

 

-

KASIR

 

1.        Tujuan

Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya kasir dalam menjalankan tugas  yang sesuai dengan standar perusahaan.

 

2.        Atasan Langsung

Kasir bertanggungjawab kepada Kepala Toko

 

3.        Tanggung Jawab

1)      Bertanggung jawab terhadap Kepala Toko

2)      Bertanggung jawab atas penerimaan, penyimpanan dan penyetoran uang hasil penjualan sesuai sistim dan prosedur yang telah ditetapkan

3)      Betanggung jawab atas kerahasiaan password software kasir masing masing dan tidak diperkenankan diketahui orang lain yang tidak berhak

 

4.        Tugas

1)        Mengambil dan menghitung uang modal

2)        Membersihkan meja kasir, peralatan kasir dan area kasir

3)        Mempersiapkan peralatan (cash register, komputer, kalkulator, gunting, dll)

4)        Memastikan semua bagian kasir telah siap beroperasi :

-          Komputer, UPS , cash drawer, scanner, printer, dan pita nya siap operasi

-          Tersedia modal uang receh yang cukup. (seratusan, seribuan, limaribuan, sepuluh ribuan, duapuluh ribuan, lima puluh ribuan)

-          Tersedia kantong plastik pembungkus yang cukup (kecil, sedang, jumbo ) dan karton bekas

-          Tersedia kalkulator, bolpoint, gunting, cutter, tali rafia, strappler, selotip, lap pembersih

5)        Merapikan dan mengecek kelengkapan barang hadiah


Kepribadian Kasir :

 

ü  Berkepribadian baik dan menarik

ü  Bertanggung jawab dan  jujur

ü  Murah senyum, ramah, supel, mudah bergaul, bisa  berkomunikasi

ü  Teliti, rapi, dan cekatan

ü  Berpakaian rapi, berpenampilan baik, rendah hati

ü  Disiplin dan selalu bekerjasama dengan sesama  karyawan

 

 

 

5.        Wewenang

1)      Menjaga stabilitas layanan kasir

2)      Melayani sepenuhnya urusan transaksi kasir

3)      Menentukan kebijakan keuangan di area kasir.

4)      Mengatur manajemen kasir dengan baik

 

-

 

 

PRAMUNIAGA

 

1)   Tujuan

Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya kasir dalam menjalankan tugas  yang sesuai dengan standar perusahaan.

 

2)   Atasan Langsung

Pramuniaga bertanggungjawab kepada Kepala Toko

 

3)   Tanggung Jawab

1)      Bertanggung jawab terhadap Kepala Toko

2)      Bertanggung jawab atas ketersediaan barang toko (di rak/ etalase)

3)      Bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian dan keamanan barang toko

 

4)   Tugas

1)      Membersihkan area toko

2)      Memeriksa barang pajangan

3)      Merapikan dan membersihkan barang pajangan

4)      Memeriksa dan kontrol barang yang terjual

5)      Memajang barang menurut kelompok, menempel label harga (price list) di rak


                                                                                                                                                                                                  

Kepribadian Pramuniaga :

 

ü  Berkepribadian baik dan menarik

ü  Bertanggung jawab dan  jujur

ü  Murah senyum, ramah, supel, mudah bergaul, bisa  berkomunikasi

ü  Teliti, rapi, dan cekatan

ü  Berpakaian rapi, berpenampilan baik, rendah hati

ü  Disiplin dan selalu bekerjasama dengan sesama  karyawan

Ini masih sekelumit saja, masih banyak tulisan lainnya, silahkan nanti akses Buku Mudahnya mendirikan minimarket yang saya tulis di bantu oleh Tim Konsultan Ritelteam Indonesia. Buku ini adalah hasil dari pengalaman kami mendampingi dan memberikan konsultasi kepada klien sejak tahun 2010. Jadi bukan berbasis teori deduktif, namun teori induktif artinya benar-benar hasil dari lapangan. Jadi Jika anda ingin mendirikan Minimarket bisa kontak langsung 0887-4334-06-143 atau Hotline 08111-2646687.

https://ritelteamindonesia.co.id/


No comments:

Post a Comment