Tulisan ini masih lanjut dari pembasahan dari Buku Mudahnya mendirikan Minimarket yang akan launching bulan Agustus. cara mendirikan minimarket baru adalah salah satu upaya bagi Anda yang ingin investasi untung besar nantinya, karena selain memberikan keuntungan yang baik juga bisnis ini telah terbukti mampu bertahan di era pandemi. So, tidak salah jika anda melirik investasi dibidang ini.
kali ini kita akan bahas tentang Manajemen SDM Minimarket.
E. Manajemen SDM TOKO
Manajemen SDM adalah salah satu yang utama dalam setiap organisasi
baik nirlaba maupun yang berfokus mencari laba atau keuntungan. Jika anda mampu
mengelola manusia yanga da yang menjadi tim anda, maka dipastikan 50 persen
kesuksesan sudah ditangan anda. Manusia ini mahkluk yang paling unik karena
memang dibekali oleh akal dan pikiran yang berbeda-beda. Menyatukan visi dan
misi dalam usaha sangatlah penting.
Bagi saya sebagai penulis yang juga memiliki perusahaan ,
manajemen SDM yang paling efektif dan paling hebat adalah menerapkan manajemen
SDM partisipatif dengan nilai egaliter dan penuh keadilan. Karena dengan konsep
ini, dipastikan manusia yang anda kelola akan menjadi tim hebat dan handal.
Dengan konsep manajemen tersebut juga, akan lahir ide dan gagasan yang bisa
membuat usaha anda bertahan dan bahkan melejit.
Oleh sebab itu, wajib kiranya setiap proses dalam mencari SDM yang
ada di Minimarket anda melalui tahapan sebagai berikut
a.
Rekruitmen
Karyawan
Proses
rekruitmen ini sangat penting dengan membuka secara umum sehingga anda memiliki
banyak alternative yang bisa anda ajak kerjasama, mulai dengan tes tertulis,
potensi dan wawancara. Dari ketiga tes ini semua saling kait mengkait, karena
biasanya manusia itu apa yang dipikirkan dalam bathinnya juga terpancar seara
lahir.
Dalam proses
wawancara, saya lebih senang menitik tekankan pada aspek karakter manusianya,
misalnya juruskan pertanyaaan anda kepad ahal-hal yang berkaitan dengan
karakternya, misalkan :
1. Bagaiman hubungannya dengan orang tuanya. Bagimana dia memandang tentang
orang tua. Bagaimana persepsinya tentang orang tua. Jika seorang anak,
menghormati orang tuanya, maka otomatis, dia juga akan bisa menghargai orang lain,
apalagi kita sebagai pimpinan perusahaan juga adalah sebagai orang tua mereka
dalam organisasi usaha.
2. Bagaimana
pandangannya tentang aspek sosial. Hubungan sosial antara manusia, bagaimana
pandangannya tentang konsep slaing tolong menolong, empati dan kepedulian. Hari
ini sangat susah mencari generasi milenial yang memiliki 3 pandangan terhadap 3
hal tersebuut yang kuat aspek sosial, kepedulian pada orang lain dan lingkungan
apalagi empati.
b.
Training
Maryawan
Langkah
selanjutnya adalah Training karyawan Training karyawan ini sangat penting untuk
dilakukan. Materi training karyawan adalah sebagai berikut :
Training
Pengantar dasar untuk semua Karyawan dan Owner
1. PengetahuanDasarKaryawanMinimarket
a. PengenalanBisnisRitel
b. AntaraKebutuhandanKepentinganPerusahaan
c. MengenalTujuanPerusahaan
d. TeknikDasarMerchandising
e. PengenalanOperasionalToko
2. CustomerServices
a. MemahamiKebiasaanKonsumen
b. PeduliKonsumen
c. RetailSalesmanship
3.
StoreMerchandiseManagement
a.
Dasar-dasarMerchandising
b.
StoreMerchandisingProcess
c.
Klasifikasi dan Identifikasi Barang Dagangan
(ProductKnowledge)
d. PengendalianPersediaan
4. ManagingStoreOperation
a.
EfektifitasdanKepuasanHasilKerja
b.
RuangLingkupTugas&TJseorangStoreManager
c.
Pengetahuandan KemampuanDasarseorangStoreManager
d. EkspektasiKinerjaseorangStoreManager
5. StoreFinancial&Marketing
a.
RetailPricingConcept&PriceStructure
b.
InventoryValuation(stock-opname)
c.
SalesFollow-up,MarginBulletin&P/LReporting
d. VisualMerchandising
e.
ManagingStorePromotion
Selain
Training dasar umum, juga akan diadakan training khusus kepada karyawan
berbasis struktur dan fungsinya.
1.
Training
Kepala Toko
Training
kepala toko yang akan disampaikana alah berkaitan engan Fungsi, tugas ,
wewenang, Sop dan tanggung jawab sebagai kepala toko. Materi yang paling uatama
adalah tentang kepemimpinan dan Visi Pengembangan Toko
2.
Training
Administrasi keuangan
Training
administrasi keuangan mencakup tentang bagaimana membuat laporan keuangan yang
baik dan benar, bagaimana alur keuangan dan juga tentang juga tentang SOP
manajemen keuangan toko.
3.
Training
merchandising
Training
Merchandising adalah training yang paling krusial juga dalam konteks usaha
minimarket. Karena ini berkaitan dengan keliahaian dalam memilih barang,
mengelola barang , dan mengelola pembelian barang serta membuat strategi
penjualan yang bisa diukur dan direncakan dengan baik.
Biasanya
untuk minimarket lokal, training ini juga sekalian disatukan dengan Teknik
pergudangan toko.
4.
Training
Kasir
Training ini
lebih menitikberatkan kepada kekmampuan kasir dalalm mengoperasikan software
kasir dan juga yang paling utama alagi adalah sebagai garda depan dalam
meningkatkan implus buying produk dan juga meningkatkan basket size belanja
konsumen.
5.
Training
Pramuniaga
Pramuniaga
juga adalah garda depan minimarket, karena layanan mereka ini bisa membuat konsumen
senang belanja atau juga malah sebaliknya tidak jadi belanja. Training ini
selain menitik beratkan pada aspek layanan juga berkaitan dengan Pengawasan
barang, penataan barang, stok barang, kerapian barang, dan informan
ketersediaan barang kepada tim merchandising.
c.
Gaji
dan Penghargaan buat karyawan
Gaji dan
Penghargaan buat karyawan dalam siistem minimarket modern , tentu juga memiliki
ketentuan yang harus baku dan bertujuan untuk memberikan kesejahteraan karyawan
dan kernyamana perusahaan. Biasanya gaji ini selain berpatokan pada UMR atau
UMP, juga berkaitan dengan budaya sekitar toko. Hari ini, memang belum banyak
minimarket lokal yang mampu memberikan gaji karyawa sesuai UMP, karena banyak
hal yang menjadi factor pertimbangan antara lain :
1.
Target
omset
2.
Budaya
lokal
3.
Brand
Minimarket belum kuat
4.
Dari
faktor Owner sendiri
Jadi persoalan gaji ini, masih belum bisa dijadikan seragam
ketentuannya antara satu minimarket dengan minimarket lainnya.
d.
Penjelasan
Kerja Karyawan (Job Description)
KEPALA TOKO
1. Tujuan
Memberikan panduan kepada Kepala toko dalam menjalankan
operasional toko untuk mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan secara
efektif dan efisien.
2. Atasan
Langsung
Kepala
toko bertanggungjawab kepada Manager
3.
Tanggung
Jawab
1)
Bertanggung
jawab kepada Manajer
2)
Bertanggung
jawab atas kelangsungan jalannya operasi toko yang dipimpinnya
3)
Bertanggung
jawab memimpin seluruh kegiatan operasi toko
4)
Bertanggung
jawab atas peningkatan penjualan dan pencapaian target penjualan serta laba/contribution
margin
5)
Bertanggung
jawab atas aktifitas keuangan toko dan penyetoran ke pusat.
4. Tugas
1)
Mengkoordinir
seluruh karyawan di toko yang dipimpin
2)
Mengawasi
kegiatan kerja bawahan secara intensif dalam menjalankan tugasnya sesuai
kebijakan, sistem dan prosedur yang berlaku.
3)
Secara rutin
mengontrol kebersihan, kerapian, kenyamanan, keamanan dan kelengkapan barang di
toko yang dipimpinnya
4)
Membina
hubungan kerja yang harmonis dengan, pemasok, dinas-dinas pemerintah, dan
lingkungan perusahaan .
5)
Memperhatikan
customer service yang sebaik-baiknya di toko yang dipimpinnya
5. Wewenang
1)
Menandatangani semua laporan kepada Manager
(laporan kinerja perusahaan, laporan keuangan dan laporan lain yang
diperlukan)
2)
Menandatangani pengajuan pengeluaran biaya
operasional perusahaan
3)
Memberi teguran kepada
karyawan yang melanggar peraturan perusahaan, bekerja tidak sesuai dengan
sistem dan prosedur atau JOB DES
4)
Mengajukan promosi
jabatan, mutasi, dan pemutusan hubungan kerja karyawan kepada Manager.
5)
Menandatangan surat-surat kerjasama dengan
pihak luar
STAFF ADMINISTRASI
1.
Tujuan
Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya staff
administrasi dalam menjalankan tugas
yang sesuai dengan standar perusahaan.
2.
Atasan Langsung
Staff administrasi bertanggungjawab kepada kepala toko
3.
Tanggung Jawab
1) Bertanggung jawab kepada kepala toko
2)
Bertanggung
jawab atas kegiatan administrasi toko
3)
Bertanggung
jawab atas keabsahan bukti-bukti keuangan
4.
Tugas
1)
Menyiapkan
uang modal kasir
2)
Menerima
bukti setoran hasil penjualan yang dilakukan oleh kasir toko
3)
Melakukan
pengecekan atas jumlah uang tunai dengan
bukti setoran dari kasir toko dan menyerahkan hasilnya kepada bagian keuangan
4)
Membuat
laporan rekapan kasir
5)
Merekap bukti
pembelian kredit anggota
5.
Wewenang
Menandatangani
bukti setoran kasir
STAFF MERCHANDISING (MD)
1.
Tujuan
Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya staff
merchandising dalam menjalankan tugas
yang sesuai dengan standar perusahaan.
2.
Atasan Langsung
Staff merchandising bertanggungjawab Kepada kepala Toko
3.
Tanggung Jawab
1)
Bertanggung
jawab terhadap Kepala Toko
2)
Bertanggung
jawab terhadap pemesanan dan peng-inputan/entri barang dari supplier
3)
Bertanggung
jawab atas kualitas, kuantitas dan kontiunitas penyediaan barang dagangan
4.
Tugas
1) Mencari, menganalisa, memilih, menenentukan
kualitas, jumlah pesanan dan kelangsungan barang yang akan dijual.
2)
Menyusun
rencana pembelian
3)
Menentukan
harga jual (gross margin)
5.
Wewenang
1)
Menentukan
harga jual sesuai dengan standar margin yang telah disepakati
2)
Meminta
persetujuan / ACC barang retur kepada sales/suplier
3)
Memberikan
persetujuan untuk pengembalian barang retur yang telah di ACC suplier untuk di
proses oleh bagian gudang/pengiriman suplier
4)
Menandatangani
bukti-bukti adminitrasi antara lain :
- Surat Pesanan Barang
- Faktur pembelian barang dari pemasok / penjualan grosir
- Nota mutasi barang antar toko
- Nota retur barang kepada pemasok
- Surat pemusnahan barang setelah mendapatkan persetujuan dari
Kepala toko
STAFF GUDANG
1.
Tujuan
Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya staff gudang
dalam menjalankan tugas yang sesuai
dengan standar perusahaan.
2.
Atasan Langsung
Staff
Gudang bertanggungjawab kepada Kepala toko
3.
Tanggung Jawab
1)
Bertanggung
jawab terhadap Kepala Toko
2)
Bertanggung
jawab terhadap kegiatan penerimaan, pendistribusian, penyimpanan dan
pengeluaran barang di gudang sesuai dengan prosedur dan standard yang telah
ditetapkan
3)
Bertanggung
jawab atas persediaan barang di gudang
4)
Bertanggung
jawab terhadap keamanan dan kebersihan gudang
4.
Tugas
1)
Melakukan administrasi
peneriman barang datang dari pemasok
2)
Memasukkan
barang yang sudah diterima dari ruang receiving ke ruang transit/gudang
3)
Mengatur dan
memproses barang-barang BS/CN (retur)
4)
Menyimpan
barang sesuai dengan kelompoknya
5)
Merapikan dan
mensortir kardus/karton bekas
5.
Wewenang
1)
Melakukan penataaan barang di gudang
2)
Menentukan barang yang masih bagus, kurang bagus dan harus diretur
3)
Mengelola semua yang berhubungan dengan pergudangan.
4)
Menentukan barang masuk dan keluar masuk gudang
-
KASIR
1.
Tujuan
Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya kasir dalam
menjalankan tugas yang sesuai dengan
standar perusahaan.
2.
Atasan Langsung
Kasir
bertanggungjawab kepada Kepala Toko
3.
Tanggung Jawab
1)
Bertanggung
jawab terhadap Kepala Toko
2)
Bertanggung
jawab atas penerimaan, penyimpanan dan penyetoran uang hasil penjualan sesuai
sistim dan prosedur yang telah ditetapkan
3)
Betanggung
jawab atas kerahasiaan password software kasir masing masing dan tidak
diperkenankan diketahui orang lain yang tidak berhak
4.
Tugas
1)
Mengambil dan
menghitung uang modal
2)
Membersihkan
meja kasir, peralatan kasir dan area kasir
3)
Mempersiapkan
peralatan (cash register, komputer, kalkulator, gunting, dll)
4)
Memastikan
semua bagian kasir telah siap beroperasi :
-
Komputer,
UPS , cash drawer, scanner, printer, dan pita nya siap operasi
-
Tersedia
modal uang receh yang cukup. (seratusan, seribuan, limaribuan, sepuluh ribuan,
duapuluh ribuan, lima puluh ribuan)
-
Tersedia
kantong plastik pembungkus yang cukup (kecil, sedang, jumbo ) dan karton bekas
-
Tersedia
kalkulator, bolpoint, gunting, cutter, tali rafia, strappler, selotip, lap
pembersih
5)
Merapikan dan
mengecek kelengkapan barang hadiah
Kepribadian Kasir :
ü
Berkepribadian
baik dan menarik
ü
Bertanggung
jawab dan jujur
ü
Murah
senyum, ramah, supel, mudah bergaul, bisa
berkomunikasi
ü
Teliti,
rapi, dan cekatan
ü
Berpakaian
rapi, berpenampilan baik, rendah hati
ü
Disiplin
dan selalu bekerjasama dengan sesama
karyawan
5.
Wewenang
1)
Menjaga stabilitas layanan kasir
2)
Melayani sepenuhnya urusan transaksi kasir
3)
Menentukan kebijakan keuangan di area kasir.
4)
Mengatur manajemen kasir dengan baik
-
PRAMUNIAGA
1)
Tujuan
Memberikan panduan kerja kepada karyawan khususnya kasir dalam
menjalankan tugas yang sesuai dengan
standar perusahaan.
2)
Atasan Langsung
Pramuniaga bertanggungjawab kepada Kepala Toko
3)
Tanggung Jawab
1)
Bertanggung
jawab terhadap Kepala Toko
2)
Bertanggung jawab
atas ketersediaan barang toko (di rak/ etalase)
3)
Bertanggung
jawab atas kebersihan, kerapian dan keamanan barang toko
4)
Tugas
1) Membersihkan area toko
2) Memeriksa barang pajangan
3) Merapikan dan membersihkan barang
pajangan
4) Memeriksa dan kontrol barang yang
terjual
5) Memajang barang menurut kelompok,
menempel label harga (price list) di rak
Kepribadian Pramuniaga :
ü
Berkepribadian
baik dan menarik
ü
Bertanggung
jawab dan jujur
ü
Murah
senyum, ramah, supel, mudah bergaul, bisa
berkomunikasi
ü
Teliti,
rapi, dan cekatan
ü
Berpakaian
rapi, berpenampilan baik, rendah hati
ü
Disiplin
dan selalu bekerjasama dengan sesama
karyawan
No comments:
Post a Comment