Terms of Refference
(TOR)
Pelatihan Sistem
Informasi dan Komputerisasi Toko Modern
oleh: Ritel
Team
Latar Belakang
Ritel Team adalah lembaga konsultasi bisnis ritel dan UMKM. Ritel
Team memberikan pendampingan dan konsultasi manajemen ritel modern yang
bertujuan untuk meningkatkan daya juang serta semangat untuk memajukan bisnis
retail yang dikelola oleh pebisnis ritel lokal.
Perkembangan toko modern dewasa ini sangat pesat di Indonesia,
seperti: minimarket, midimarket, supermarket, hypermarket dan grosir.
Menjamurnya toko modern menuntut adanya kompetisi dalam menarik konsumen
sebanyak-banyaknya. Hal ini mendorong para pengelola toko modern untuk terus
meningkatkan pelayanannya. Sebab itu, hari demi hari toko modern akan terus
bertransformasi memperbaiki manajemennya.
Dalam dunia ritel dan pertokoan, setidaknya ada 4
(empat) hal pokok yang saling berkaitan dalam kepengelolaannya, yaitu: Keuangan
(Accounting), Operasional, Pembelian
(Purchasing) dan Sumber Daya Manusia
(SDM). Keempat sisi ini harus saling menopang satu sama lain agar kepengelolaan
dan pelayanan kepada konsumen semakin meningkat.
Dalam hal keuangan, toko modern harus akuntabel dan mengelola
keuangannya dengan baik, termasuk mengelola arus kas, hutang dan piutang. Dalam
hal pembelian atau purchasing of items sangat
perlu dikelola dengan baik, agar stok barang tidak mengalami kekurangan,
kelebihan yang menyebabkan tidak terdeteksinya masa kadaluarsa, ataupun
ketidaksesuaian antara stok dan data. Selain itu, meningkatkan kemampuan SDM
baik dari pemilik hingga karyawan beserta manajemen operasionalnya, juga sangat
penting agar pelayanan kepada konsumen menjadi lebih baik.
Untuk mewujudkan manajemen toko modern yang baik, perlu adanya
sebuah Sistem Informasi dan Komputerisasi.
Sistem Informasi (SI) merupakan kombinasi dari teknologi informasi
dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan
manajemen. SI berkaitan erat dengan Database
Management System (DBMS), yaitu seperangkat sistem untuk mengelola data-data
yang ada, termasuk data items (stok
barang), member toko, hutang – piutang, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud
Komputerisasi adalah dengan mendayagunakan kemampuan komputer untuk menghitung,
mengontrol dan membuat laporan secara terpadu, sehingga dapat memperlancar
usaha yang dijalankan. Jadi, komputer bukan hanya digunakan sebagai pengganti
mesin ketik seperti yang biasa digunakan.
Dalam penggunaan komputer untuk toko modern, perlu adanya SDM yang
berkapasitas memadai, terampil, cekatan, dan yang paling mendasar adalah
memahami sistem informasi, database dan komputer. Hal ini karena sistem
informasi nantinya akan menjadi tulang punggung informasi manajemen toko
modern.
Oleh sebab itu, untuk menciptakan SDM yang mampu dan terampil dalam
penggunaan Sistem Informasi toko modern, diperlukan Pelatihan Sistem Informasi
dan Komputerisasi Toko Modern.
Tujuan
1.
Meningkatkan pengetahuan
peserta tentang manajemen toko modern, sistem informasi, database managemen system (DBMS) serta komputerisasinya;
2.
Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan peserta dalam menggunakan sistem informasi dan komputer untuk
mengelola toko modern;
3.
Menciptakan SDM yang berdaya
saing unggul dalam mengelola toko modern.
Peserta/
Sasaran
Peserta didik
(siswa-siswi) SMK yang siap terjun di dunia kerja.
Pemateri/
Narasumber
Konsultan
Manajemen Ritelteam.
Manfaat Pelatihan
Bagi Peserta
1.
Mengetahui perkembangan dan
manajemen toko modern, meliputi: penataan display items, kontrol persediaan
items, kasir, laporan penjualan beserta komputerisasinya;
2.
Mengetahui dan terampil dalam
mengoperasikan komputer dan sistem informasi toko modern;
3.
Berpeluang mendapat tawaran
kerja dari toko-toko modern rekanan Ritel Team;
4.
Mendapatkan sertifikat
pelatihan yang dapat menambah nilai plus untuk melamar kerja.
Bagi Sekolah
1.
Memiliki siswa-siswi yang siap
terjun di dunia kerja;
2.
Pelatihan ini dapat menjadi
salah satu program unggulan sekolah dalam mempersiapkan siswa-siswi terjun di
dunia kerja;
3.
Menambah link kerjasama dengan
toko-toko modern rekanan Ritel Team.
Waktu Pelaksanaan
Pasca Ujian
Akhir Semester I (Ganjil) sebelum liburan atau siswa terjun Praktik Kerja
Lapangan.
Kurikulum
Kurikulum Tedrdiri dari teori dan Praktek;
1.
Kurikulum
Teori
a.
Perkembangan Retail dan Toko Moderen
b.
Teknik
Display dan Merchandising
c.
Teknik Inventory
d.
Teknik
Promosi
2.
Kurikulum
Praktek
a.
Grouping
Barang dalam sistem Informasi Komputer
b.
Teknik
penjualan
c.
Prosedur dan
mekanisme pembelian
d.
Prosedur
Hutang dan Piutang
e.
Manajemen
stok dan stok Op-name
f.
Laporan
keuangan
Matrik Kurikulum
Lampiran
Penutup
Jika anda tertarik untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Minimarket, kami Konsultan minimarket Ritelteam Indonesia lewat Ritelteam Institute mengadakan kelas-kelas yang berhubungan dengan Minimarket antara lain :
- Pelatihan manajemen minimarket
- Pelatihan Kepala Toko
- Pelatihan Administrasi Gudang
- Pelatihan Administrasi keuangan Minimarket
- Pelatihan Kasir dan pramuniaga
- Pelatihan Perpajakan Minimarket
- Pelatihan pembuatan SOP minimarket
- Pelatihan Optimasi Software Ritel
- Pelaihan Strategi Pemasaran Online Minimarket
- Pelatihan Optimasi pemasraan lewat Website dan Marketplace.
No comments:
Post a Comment