head-content'/> Cerita Minimarket: TOR pelatihan Kasir Minimarket Moderen

Blog Keren, Bacalah!!!

Wednesday, September 10, 2014

TOR pelatihan Kasir Minimarket Moderen

Terms of Refference (TOR)

Pelatihan Sistem Informasi dan Komputerisasi Toko Modern



oleh: Ritel Team


Latar Belakang

Ritel Team adalah lembaga konsultasi bisnis ritel dan UMKM. Ritel Team memberikan pendampingan dan konsultasi manajemen ritel modern yang bertujuan untuk meningkatkan daya juang serta semangat untuk memajukan bisnis retail yang dikelola oleh pebisnis ritel lokal.
Perkembangan toko modern dewasa ini sangat pesat di Indonesia, seperti: minimarket, midimarket, supermarket, hypermarket dan grosir. Menjamurnya toko modern menuntut adanya kompetisi dalam menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Hal ini mendorong para pengelola toko modern untuk terus meningkatkan pelayanannya. Sebab itu, hari demi hari toko modern akan terus bertransformasi memperbaiki manajemennya.
Dalam dunia ritel dan pertokoan, setidaknya ada 4 (empat) hal pokok yang saling berkaitan dalam kepengelolaannya, yaitu: Keuangan (Accounting), Operasional, Pembelian (Purchasing) dan Sumber Daya Manusia (SDM). Keempat sisi ini harus saling menopang satu sama lain agar kepengelolaan dan pelayanan kepada konsumen semakin meningkat.
Dalam hal keuangan, toko modern harus akuntabel dan mengelola keuangannya dengan baik, termasuk mengelola arus kas, hutang dan piutang. Dalam hal pembelian atau purchasing of items sangat perlu dikelola dengan baik, agar stok barang tidak mengalami kekurangan, kelebihan yang menyebabkan tidak terdeteksinya masa kadaluarsa, ataupun ketidaksesuaian antara stok dan data. Selain itu, meningkatkan kemampuan SDM baik dari pemilik hingga karyawan beserta manajemen operasionalnya, juga sangat penting agar pelayanan kepada konsumen menjadi lebih baik.
Untuk mewujudkan manajemen toko modern yang baik, perlu adanya sebuah Sistem Informasi dan Komputerisasi.
Sistem Informasi (SI) merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. SI berkaitan erat dengan Database Management System (DBMS), yaitu seperangkat sistem untuk mengelola data-data yang ada, termasuk data items (stok barang), member toko, hutang – piutang, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud Komputerisasi adalah dengan mendayagunakan kemampuan komputer untuk menghitung, mengontrol dan membuat laporan secara terpadu, sehingga dapat memperlancar usaha yang dijalankan. Jadi, komputer bukan hanya digunakan sebagai pengganti mesin ketik seperti yang biasa digunakan.
Dalam penggunaan komputer untuk toko modern, perlu adanya SDM yang berkapasitas memadai, terampil, cekatan, dan yang paling mendasar adalah memahami sistem informasi, database dan komputer. Hal ini karena sistem informasi nantinya akan menjadi tulang punggung informasi manajemen toko modern.
Oleh sebab itu, untuk menciptakan SDM yang mampu dan terampil dalam penggunaan Sistem Informasi toko modern, diperlukan Pelatihan Sistem Informasi dan Komputerisasi Toko Modern.

Tujuan

1.       Meningkatkan pengetahuan peserta tentang manajemen toko modern, sistem informasi, database managemen system (DBMS) serta komputerisasinya;
2.       Meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dalam menggunakan sistem informasi dan komputer untuk mengelola toko modern;
3.       Menciptakan SDM yang berdaya saing unggul dalam mengelola toko modern.

Peserta/ Sasaran

Peserta didik (siswa-siswi) SMK yang siap terjun di dunia kerja.

Pemateri/ Narasumber

Konsultan Manajemen Ritelteam.

Manfaat Pelatihan

Bagi Peserta

1.       Mengetahui perkembangan dan manajemen toko modern, meliputi: penataan display items, kontrol persediaan items, kasir, laporan penjualan beserta komputerisasinya;
2.       Mengetahui dan terampil dalam mengoperasikan komputer dan sistem informasi toko modern;
3.       Berpeluang mendapat tawaran kerja dari toko-toko modern rekanan Ritel Team;
4.       Mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat menambah nilai plus untuk melamar kerja.

Bagi Sekolah

1.       Memiliki siswa-siswi yang siap terjun di dunia kerja;
2.       Pelatihan ini dapat menjadi salah satu program unggulan sekolah dalam mempersiapkan siswa-siswi terjun di dunia kerja;
3.       Menambah link kerjasama dengan toko-toko modern rekanan Ritel Team.

Waktu Pelaksanaan

Pasca Ujian Akhir Semester I (Ganjil) sebelum liburan atau siswa terjun Praktik Kerja Lapangan.

Kurikulum

Kurikulum  Tedrdiri dari teori dan Praktek;
1.       Kurikulum Teori
a.       Perkembangan  Retail dan Toko Moderen
b.      Teknik Display dan Merchandising
c.       Teknik Inventory
d.      Teknik Promosi
2.       Kurikulum Praktek
a.       Grouping Barang dalam sistem Informasi Komputer
b.      Teknik penjualan
c.       Prosedur dan mekanisme pembelian
d.      Prosedur Hutang dan Piutang
e.      Manajemen stok dan stok Op-name
f.        Laporan keuangan
Matrik Kurikulum
Lampiran

Penutup

Jika anda tertarik untuk mengikuti Pelatihan Manajemen Minimarket, kami Konsultan minimarket Ritelteam Indonesia lewat Ritelteam Institute mengadakan kelas-kelas yang berhubungan dengan Minimarket antara lain :
  1. Pelatihan manajemen minimarket
  2. Pelatihan Kepala Toko
  3. Pelatihan Administrasi Gudang 
  4. Pelatihan Administrasi keuangan Minimarket
  5. Pelatihan Kasir dan pramuniaga
  6. Pelatihan Perpajakan Minimarket
  7. Pelatihan pembuatan SOP minimarket
  8. Pelatihan Optimasi Software Ritel
  9. Pelaihan Strategi Pemasaran Online Minimarket
  10. Pelatihan Optimasi pemasraan lewat Website dan Marketplace.
https://www.konsultanminimarket.com/konsultan-ritel-nasional.html


No comments:

Post a Comment